ASN Daerah Harus Tingkatkan Kapasitas dan Kapabilitas Hadapi MEA


asncpns.com - Setelah diberlakukannya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) pada tahun 2016, Yuddy Chrisnandi selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menekankan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah untuk terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas guna menghadapi kompetisi di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

"Kompetisi menjadi sesuatu yang mutlak yang akan terjadi, kinerja menjadi sebuah tuntutan, tata kelola pemerintahan yang baik akan menentukan apakah pemerintah bisa bersaing," ungkap Yuddy dalam Forum Koordinasi Pendayagunaan Aparatur Negara dan Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Kabupaten dan Kota Se-Provinvi DIY dan Sumatera, di Yogyakarta, Senin (25/01).
Dalam kepemimpinan era Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, pemerintah telah mencanangkan good and clean government yang harus dicapai dengan mutlak demi mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Oleh karena itu setiap rupiah anggaran melalui sistem anggaran yang disebut APBN, yang kemudian ditransfer ke daerah menjadi APBD, harus menghasilkan outcome yang bermanfaat bagi masyarakat.

Saat ini kehadiran pemerintah mulai terasa di berbagai aspek, lambat namun pasti kehadiran pemerintah untuk rakyatnya menjadi nilai tambah. Ini tidak semata-mata sesuatu yang sifatnya seremonial, tetapi fenomenal. Jika biasanya anda diundang ke Jakarta kemudian pulang selesai begtu saja, pemerintahan Peresiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla ingin memperbaiki birokrasi. "Kita harus terus bergerak memperbaiki birokrasi," tambah Yuddy.

Diharapka birokrasi saat ini bisa mengikuti perkembangan zaman sehingga bisa lebih fleksibel dan dinamis, selain itu juga birokrasi harus mampu bergerak dengan cepat. Birokrasi yang hanya berdasarkan kepada peraturan harus dibuang jauh karena sudah tidak sesuai dengan kondisi saat ini yang menekankan pada kompetensi untuk berkompetisi.

0 komentar:

Posting Komentar

Bergabung

Arsip

 

Copyright 2009 BKDD Kab. Bulukumba (syarif)